6 Cara Membasmi Rayap yang Ampuh, Praktis dan Mudah Dilakukan

Cara Membasmi Rayap yang Ampuh, Praktis dan Mudah Dilakukan

Makin pesatnya pembangunan baik perumahan ataupun industri memberi dampak tersendiri pada populasi hewan-hewan. Tanpa kita sadari pembangunan tersebut mengganggu tempat hidup alami mereka. Salah satu hewan yang banyak terampak terutama adalah serangga.

Karena habitat aslinya yang hilang, maka mereka akan mencari habitat baru, seperti rumah hunian untuk ditinggali.

Rayap menyukai tempat yang gelap dan lembap, kurang cahaya matahari serta tersedia banyak makanan. Koloni rayap dapat masuk ke dalam rumah untuk membuat sarang baru sehingga terjadi kekacauan.

Selain remahan tanah yang dibuat untuk sarang akan selalu mengotori rumah Anda, rayap juga bisa merusak dan memakan perabotan dari bahan kayu dan barang-barang dari kain serta kertas.

Cara Ampuh Membasmi Rayap

Cara Ampuh Membasmi Rayap

Sebenarnya membasmi rayap bukanlah hal yang sulit, namun kebayakan dari kita tidak mengetahui caranya dengan pasti. Inilah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membasmi koloni rayap di rumah Anda

1. Perhatikan Ventilasi Rumah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa rayap menyukai tempat yang gelap dan juga lembab. Itulah sebabnya rayap sering masuk dan berkoloni dalam rumah, terutama di ruangan yang ventilasi dan sirkulasi udaranya kurang. Pastikan rumah tinggal Anda memiliki ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara.

Selain itu, sebaiknya cahaya matahari bisa masuk dan menerangi rumah secara alami pada siang hari.

2. Bersihkan Lingkungan dari Genangan Air

Kebanyakan serangga menyukai genangan air, tak terkecuali rayap. Genangan air di pekarangan atau selokan yang mampet akan menjadikan lokasi sekitarnya lebih lembab. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya koloni rayap ke dalam lingkungan rumah Anda.

Jika ingin segera terbebas dari gangguan rayap, maka usahakan tidak lagi terdapat genangan air pada lingkungan sekitar rumah Anda.

3. Gunakan Kamfer

Kamfer atau kapur barus, adalah salah satu bahan rumahan yang dapat digunakan untuk membasmi rayap. Kapur barus memiliki bahan kimia yang tidak disukai oleh rayap.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Cukup hancurkan kapur barus hingga menjadi remah-remah. Kemudian taburkan pada lokasi yang sering dilewati oleh rayap. Anda juga bisa meletakkan kapur barus pada sekitar atau dalam perabotan yang terbuat dari kayu untuk pencegahan rayap.

4. Penyemprotan dengan Air Sabun

Sebenarnya rayap adalah hewan yang sangat lemah dan sensitif. Bahkan Anda dapat membunuh rayap hanya dengan menggunakan air sabun. Cara pembuatannya juga cukup mudah yaitu cukup dengan mencampurkan sabun secukupnya dengan air kemudian letakkan pada botol semprot.

Selanjutnya, lakukan penyemprotan larutan air sabun secara langsung pasa sarang. Maka rayap akan mati perlahan karena air sabun mengganggu saluran pernapasannya.

5. Menutup Akses Masuk

Rayap tidak akan sanggup melubangi semen atau tembok. Biasanya kolonirayap ini dapat masuk kedalam rumah melalui celahdan lubang pada tembok. Atau retakanpada lantai dan juga dinding rumah. Untuk menghindari rayap masuk kembali setelah dibasmi, sebaiknya ttutu semua celah yang memungkinkan menjadi jalan masuk bagi rayap.

6. Menggunakan Jasa Anti Rayap

Jika cara di atas tidak juga mampu mengusir rayap dari rumah Anda, ada baiknya Anda menggunakan FUMIDA, jasa anti rayap klaten yang profesional dan berpengalaman dibidangnya.

Dengan menggunakan jasa pembasmi rayap, Anda juga tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk menyisir satu persatu rumah dan perabotan yang dijadikan sarang.

FUMIDA telah memiliki banyak pengalaman dalam membasmi rayap hingga tuntas. Selain itu, FUMIDA juga didukung oleh tenaga ahli sehingga menjadikan hasil pekerjaannya, rapi, teliti dan pastinya benar-benar ampuh dalam mengusir koloni rayap dari rumah Anda.