Fungsi Protein untuk Kesehatan Rambut dan Hal Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi Protein untuk Kesehatan Rambut dan Hal Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Seberapa penting fungsi protein untuk kesehatan rambut? Secara umum, protein dibutuhkan oleh seluruh organ tubuh manusia untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, protein memegang peranan yang sangat penting dalam mengembangkan serta membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, termasuk pada bagian rambut

Sejatinya, protein juga berguna dalam memproduksi hormon dan enzim, serta berbagai jenis zat kimia lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu, proten juga sangat berperan dalam pembentukan otot, kulit, tulang dan juga darah. Maka tidak mengherankan jika banyak orang yang memilih protein untuk mengganti asupan kabohidrat.

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait fungsi protein untuk kesehatan rambut, cara kerja protein dan dari mana saja sumber protein bisa Anda simak berikut ini.

1. Fungsi Protein untuk Kesehatan Rambut

Berdasarkan studi dan penelitian menyebutkan bahwa penyusun terbesar dari setiap helai rambut adalah protein, yakni sekitar 88-90% berupa keratin. Adapun tubuh manusia itu sendiri memerlukan sekitar 20% protein. Maka dapat dikatakan bahwa sejumlah 20% protein tersebut akan digunakan tubuh untuk memastikan agar seluruh organ dapat berfungsi dengan baik.

Jika Anda mengalami kekurangan asupan protein, maka tubuh akan memprioritaskan penggunaan protein untuk menopang fungsi-fungsi yang lebih penting. Mulai dari mendukung produksi hormon, berbagai antibody dan enzim yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, rambut bukanlah termasuk bagian yang diprioritaskan.

Jika hal itu sampai terjadi, maka asupan protein pada folikel rambut akan menurun karena digunakan tubuh menjalankan fungsi yang lebih penting lainnya. Dan jika kondisi semacam ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka rambut akan menjadi kering, rusak, mudah patah atau rapuh serat mengalami kerontokkan.

Jadi, dapat dikatakan bahwa protein berfungsi untuk menutrisi rambut agar tetap sehat. Secara mudahnya, protein adalah “makanan” bagi rambut. Selain itu, protein juga sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut, sekaligus menguatkan rambut dari dalam. Maka dapat disimpulkan bahwa kekurangan protein dapat berakibat buruk pada kesehatan rambut itu sendiri.

2. Cara Protein Melindungi Rambut

Lantas, bagaimana cara protein dalam melindungi rambut? Ternyata protein akan melapisi bagian luar folikel rambut sehingga rambut yang sudah terlapisi oleh protein akan menjadi lebih keras. Dengan demikian rambut akan terlindungi dari kerusakan. Dan bila terjadi kerusakan pada rambut, maka protein secara alami akan membantu dalam memperbaiki rambut yang rusak agar bisa sehat kembali.

Karena itulah, menutrisi rambut dari dalam dengan asupan protein merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut, serta memperbaiki rambut yang rusak.

3. Cara Mendapatkan Protein

Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, maka Anda harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein. Berbagai makanan yang dikenal memiliki kandungan protein tinggi antara lain telur, susu (termasuk berbagai produk turunannya seperti yogurt dan keju), kacang-kacangan (kedelai, kacang mete, kacang merah, kacang tanah, kacang polong dan lainnya), dada ayam, seafood, ikan tuna, daging tanpa lemak, hingga aneka buah-buahan (seperti kurma, alpukat, nangka, kismis, pisang, jambu dan lainnya) serta berbagai sayuran (seperti kobis, jamur, bayam, brokoli, dan lainnya).

Berbagai bahan makanan yang kaya akan kandungan protein tersebut akan sangat berperan dalam menutrisi dan menyehatkan rambut dari dalam. Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya fungsi protein untuk rambut. Padahal rambut juga membutuhkan protein seperti halnya bagian tubuh lainnya agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.