Cara Mencuci Kain Sutra yang Baik dan Benar agar Tidak Rusak

Cara Mencuci Kain Sutra yang Baik dan Benar agar Tidak Rusak

Kain sutra merupakan kain dengan tekstur ringan dan jatuh, serta memberikan kesan elegan ketika dikenakan. Karena hal inilah bahan kain sutra banyak dijadikan pilihan untuk dijadikan busana pesta. Tak hanya penampakannya yang mewah, kain sutra memang merupakan salah satu komoditas perdagangan yang cukup mahal. Dikarenakan kain sutra yang asli merupakan kain organik yang benangnya dihasilkan oleh ulat sutra.

Sesuai dengan material dan juga harganya, perawatan kain sutra juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, kesalahan perawatan dapat mengakibatkan kerusakan pada serat kain dan menyebabkannya menciut serta kusut.

Kesalahan terbanyak dalam perawatan kain sutra adalah dalam hal pencucian. Banyak orang yang tidak mengetahui cara mencuci pakaian dari bahan kain sutra, sehingga merasa perawatannya lebih sulit

Cara Mencuci Kain Sutra

Cara Mencuci Kain Sutra

Jika Anda sudah mengetahui tipsnya, sejatinya mencuci pakaian dari bahan kain sutra tidaklah sulit. Baik menggunakan tangan ataupun mesin cuci.

1. Mencuci Kain Sutra dengan Tangan

Pakaian sutra dapat dicuci dengan menggunakan tangan, terutama jika terdapat noda yang cukup membandel. Berikut langkah-langkahnya:

1.1 Pastikan Pakaian Sutra Tidak Luntur & Cek Label Pencucian

Setelah pasti bahwa pakaian tidak untur, periksalah laabel pencucian. Jika terdapat keterangan “dry clean saja” Anda harus membawa pakaian Anda ke penatu.

1.2. Rendam Pakaian dalam Larutan Detergen

Isi ember dengan air hangat dan Rinso Deterjen Cair Anti Noda. Anda dapat membaca instruksi penggunaan pada kemasan produk untuk mengetahui takaran yang sesuai. Kemudian masukkan baju sutra ke dalam air dan diamkan selama lima menit.

1.3. Mengucek & Membilas

Setelah direndam selama 5 menit kucek perlahan dengan lembut dan hati-hati, kemudian buang air dan isi kembali dengan air dingin untuk membilas. Pastikan Anda membilas hingga detergen benar-benar hilang.

Jika ingin menggunakan pelembut, gunakan pada bilasan terakhir. Khusus untuk kain sutra pelembut juga dapat merusak serat, maka setelah Anda merendamnya dalam pelembut selama beberapa menit segera angkat dan bilas kembali hingga bersih.

1.4. Menjemur

Jangan memeras kain sutra karena akan membuatnya menciut, untuk memeras cukup ekan-tekan secara perlahan pada bidang datar untuk mengeluarkan air sebanyak mungkin. Keudian letakkan pakaian sutra secara mendatar di atas permukaan handuk, dan jemur tanpa terkena sinar matahari langsung.

Mencuci Kain Sutra dengan Mesin Cuci

Untuk efisiensi waktu, Anda juga dapat mencuci kain sutra denan menggunakan mesin cuci. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

2.1. Pastikan Pakaian Sutra Tidak Luntur

Sekaipun kualitas kainnya baik, belum tentu kualitas pewarnaan juga baik. Beberapa kain sutra juga ada yang luntur sebelum Anda memutuskan untuk mencuci sendiri pastikan pakaian sutra Anda tidak luntur.

Cara mudah untuk mengetahui apakah pakaian sutra anda luntur atau tidak, yakni dengan cara mengusapkan kain putih basah pada area kecil baju, pastikan area yang Anda usap tersembunyi dan kain yang Anda gunakan bersih. Jika warnanya luntur pada kain putih, sebaiknya urungkan niat Anda mencucinya sendiri dan bawa saja ke penatu.

2.2. Lihat Label Pencucian

Sebelum Mencuci dengan mesin cuci, perhatikan label pencucian pada pakaian. Jika terdapat ketehangan “hand wash only” sebaiknya urungkan mencuci dengan mesin.

2.3 Mengelompokkan Pakaian Sesuai Warna

Masukkan baju sutra ke dalam mesin cuci bersama baju-baju berwarna serupa. Jangan masukkan baju yang memiliki aksesori berat, misalnya kancing logam, karena bisa merusak kain sutra ketika mesin cuci berputar.

2.4. Gunakan Detergen yang Tepat

Jika sudah dipastikan tidak luntur, Anda dapat mencucinya sendiri dengan menggunakan deterjen yang aman. Untuk baju berbahan sensitif, seperti kain sutra Rinso Deterjen Cair Anti Noda merupakan opsi yang bagus.

2.5. Tidak Perlu Menggunakan Pemutih

Jangan pernah menggunakan pemutih cucian. Mencuci pakaian sutra dengan zat kimia keras seperti pemutih cucian akan merusak serat alami kain.

2.6. Pilih Program Pencucian yang tepat

Untuk mencuci pakaian sutra sebaiknya gunakan program “bahan halus” pada mesin cuci Anda, dan cuci pada temperatur rendah.

2.7. Jangan Gunakan Mesin Pengering Cucian

Ketika mencuci pakaian sutra pastikan Anda tidak mengeringkannya dengan mesin pengering. Karena panas yang dihasilkan mesin pengering cucian akan membuat baju sutra menciut dan bahkan dapat merusak serat kainnya. Setelah mesin cuci selesai, Anda cukup menggelar Pakaian sutra di atas permukaan handuk bersih. Keringkan secara alami.