Inilah 8 Gejala Umum Diabetes yang Bisa Anda Kenali Sejak Dini

Gejala Umum Diabetes yang Bisa Anda Kenali Sejak Dini

Diabetes merupakan penyakit kronis pembunuh nomer tiga setelah stroke dan jantung koroner. Dan jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Kebanyakan penderita merupakan pasien Diabetes tipe 2, yang muncul karena insulin dalam tubuh tidak memadai untuk memecah kadar glukosa yang masuk. Sehingga glukosa akan menumpuk pada darah. Penyebab utamnya adalah gaya hidup yang kurang sehat.

Hal yang paling berbahaya dari diabetes adalah komplikasi yang dihasilkan. Sedangkan pada diabetes tipe 2, kebanyakan orang baru menyadari dirinya terkena diabetes setelah terserang salah satu komplikasi. Semakin cepat Anda mengetahui terkena dibetes maka Anda akan seakin besar peluang Anda untuk terhindar dari komplikasi berbahaya.

Gejala Diabetes yang Perlu Diwaspadai

Diabetes tipe 2 pada umumnya memang tidak memberikan gejala yang jelas. Berbeda dengan diabetes tipe 1 yang terjadi karena kerusakan pankreas sehingga memberi efek yag mudah terlihat. Diabetes tipe 2 menyerang secara perlahan selama bertahun-tahun.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja gejala diabetes sejak dini agar bisa melakukan tindakan atau penanganan lebih lanjut. Berikut adalah beberapa ciri-ciri diabetes yang kerap muncul dan perlu Anda waspadai.

1. Sering Buang Air Kecil

Normalnya, ginjal akan menyaring gula darah dan menyerapnya kembali untuk dikembalikan ke tubuh. Namun jika gua darah terlalu tinggi ginjal akan menyaring dan mengeluarkan gula darah tersebut bersama urine.

Semakin banyak gula darah yang harus dibuang maka Anda akan semakin sering buang air keci, terutama di malam hari. Jika Anda sering terbangun dan terasa ingin buang air kecil. Sebaiknya Anda mulai waspada akan gangguan diabetes.

2. Mudah Merasa Haus

Masih terkait dengan gejala pertama, penderita diabetes biasanya mudah merasa haus. Bahkan rasa haus ini seringkali tidak hilang sekalipun Anda sudah minum. Hal ini disebabkan karena gula darah berlebih yang akan dibuang bersama urine akan membuat urine Anda lebih kental.

Untuk mengatasinya ginjal akan menyerap cairan tubuh untuk mengencerkannya agar mudah dikeluarkan. Denga demikian tubuh akan mengirimkan sinyal haus ke orak karena tubuh kekurangan cairan.

3. Lebih Cepat Lapar

Penderita diabetes biasanya akan cepat merasa lapar. Hal ini berhubungan dengan produksi insulin atau kesalahan tbuh dalam merespon insulin. Hormon insulin bertanggung jawab untuk memecah glukosa dan menjadikannya sebagai energi.

Ketika tubuh tidah memproduksi insulin, atau tubuh tidak mengenali. Maka tubuh akan merasa tidak mendapat energi, sehingga kembali mengirimkan sinyal lapar ke otak.

4. Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Jika Anda sering merasa lapar, dan Anda makan lebih banyak. Namun berat badan Anda turun drastis, sebaiknya Anda waspada. Karena hal ini bisa saja disebabkan karena gula darah berlebih pada tubuh Anda.

Anda harus mulai memeriksakan diri ketika tubuh Anda sudah mengalami penuruna sebesar 5%.

5. Kulit Kering

Ketika kulit Ada yang biasanya tidak snsitif berubah menjadi kering, bersisik, gatal dan pecah-pecah. Anda harus waspada. Karena mungkin saja hal ini adalah gejala awal penyakit diabetes.

Hal ini disebabkan karena lebih sering buang air kecil, cairan tubuh akan berkurang dan kulit menjadi kehilangan kelembaban alaminya

6. Luka yang Tidak Kunjung Sembuh

Tingginya gula darah akan membuat pembuluh arteri menyempit dan mengeras. Hal ini mengakibatkan aliran darah dari jantung akan terhambat.

Inilah yang menyebabkan jika terdapat luka terbuka akan sulit mengering. Karena kekurangan oksigen. Kandungan gula dalam darah juga cenderung membuat luka terbuka rentan terkena infeksi.

7. Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan juga merupakan salah satu komplikasi dari diabetes. Tingginya kadar glukosa dalam darah akan mengakibatkan kerusakan pada syaraf mata. Sehingga penglihatan dapat terganggu, katarah bahkan kebutaan permanen.

8. Sering Kesemutan

Sama halnya seperti pada mata, tidak hanya syaraf mata, glukosa yang tinggi dalam darah juga dapat mengakibatkan kerusakan pada saraf perifer. Inilah yang menyebabkan penderita diabetes sering merasa kesemutan.

Itulah beberapa ciri-ciri dan gejala diabetes secara umum yang bisa Anda kenali sejak dini. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter.