7 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah Tanpa Kursus

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah Tanpa Kursus

Banyak orang mengeluhkan sulitnya belajar bahasa inggris. Kebanyakan orang paham benar rumus penyusunan kata atau grammar tapi merasa sangat kesulitan ketika harus berbahasa inggris secara aktif.

Padahal jika kita perhatikan di daerah-daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing, justru banyak warga lokal yang lancar berkomunikasi dengan bahasa inggris sekalipun mereka sedikit bahkan tidak pernah mengenyam pendidikan bahasa inggris secara formal.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Sebenarnya seperti penggunaan bahasa lainnya bahasa inggris akan terasa mudah dikuasai ketika kita terbiasa menggunakannya. Masalahnya bagaimana kita sering-sering menggunakan bahasa inggris di negara yang tidak berbahasa inggris? Kalian tidak perlu bingung, berikut akan kita berikan 6 tips yang gampang dan natural agar kalian dapat mempraktekkan bahasa inggris sehari-hari dengan mudah.

1. Baca Kosa Kata (Vocabulary)

Cara pertama yang paling dasar dan paling gampang yaitu membaca banyak kosakata (vocabulary). Saat membaca tips pertama ini apa yang kalian pikirkan? Menghafal kamus? Buang-buang waktu? Tapi coba bayangkan, jika tidak menguasai kosa kata bagaimana kalian akan berbicara dalam kalimat?

Ketika sering digunakan maka kosakata akan melekat dalam ingatan, hal itu sudah terekam secara otomatis. Jika kalian bingung ingin memulai darimana kalian pilah kosakatanya. Pilih dan pelajari kosakata yang umum dan sekiranya sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Baca Juga: Pengertian Gotong Royong, Manfaat, Nilai dan Tujuannya

Dengan cara memilah kosakata berdasarkan yang sering digunakan tidak akan membutuhkan waktu betahun-tahun atau berbulan-bulan belajar bahasa Inggris. Sebagai awalan kalian hanya perlu tahu nama-nama benda atau kosa kata bahasa Inggris yang berhubungan dengan rutinitas kalian dalam 1 hari. Maka dalam hitungan hari kalian akan lancar berbahasa inggris. Yang tidak boleh dilupakan sebaiknya proses membaca kosakata ini tidak berhenti, terus tambah bacaan kosakata sehingga kita makin mahir berbahasa inggris.

2. Dengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Tidak memiliki waktu atau terkendala biaya untuk mengikuti kursus bahasa inggris bukan halangan untuk fasih berbahasa inggris. Menghafal kosakata membuat kita lancar berbicara, namun berkomunikasi harus dilakukan dua arah. Bagaimana kita melatih pendengaran kita untuk memahami percakapan orang dengan berbagai logat dan intonasi tanpa berlatih listening di tempat kursus?

Solusi berlatih listening lebih mudah dan menyenangkan, hampir semua orang menyukai musik. Cara melatih kemampuan listening adalah sering mendengarkan lagu bahasa inggris. Pilih genre yang kalian suka agar lebih mudah, dengarkan berulang-ulang, setelah dirasa cukup tebak liriknya, agar lebih mudah kalian bisa menuliskan dulu tebakan liriknya kemudian cocokkan dengan lirik aslinya. Dari sini selain tau kesalahannya kalian juga bisa belajar pelafalan. Walaupun dari lagu memang kurang pas untuk belajar pelafalan.

Ketika masih banyak yang salah, ulang lagi. Ketika sudah benar kalian bisa mencoba lagu yang lain dengan penyanyi yang berbeda. Karena setiap penyanyi cenderung memiliki artikulasi dan logat yang berbeda. Hal ini akan membuat kalian lebih mahir dalam kemampuan listening.

3. Tulis Semua Hal dengan Bahasa Inggris

Cara gampang yang ketiga adalah menulis dalam bahasa inggris. Kalian tentu bertanya-tanya apa yang harus ditulis? Jawabanya simpel tulis apa saja yang perlu kalian tulis dalam satu hari dalam bahasa inggris. Misalnya status di sosial media. Dalam sehari berapa kali kalian menulis status? Menulis caption di instagram? Sebagai bahan latihan mudah tulis semua itu dalam bahasa inggris. Tidak perlu takut dan malu jika salah, berterima kasih jika ada yang mengoreksi.

Selain uanggahan sosia media kalian bisa menulis apa saja. Catatan belanja, salinan catatan dari sekolah atau kampus, salinan resep masakan, pesan untuk keluarga atau pasangan. Makin sering kalian menulis maka kalian akan semakin fasih dan terbiasa menggunakan bahasa inggris. Lakukan setiap hari agar lebih cepat lancar dalam berbahasa inggris.

4. Berbicara dengan Bahasa Inggris Sesering Mungkin

Ingat pesan practise make perfect? Pepatah itu sungguh benar. Semakin sering kita gunakan maka kita akan semakin lancar. Bagaimana kita menggunakannya? Buat english daymu sendiri. Bekerja samalah dengan keluarga untuk mendukung english day. Dan sehari full kalian wajib hanya berbicara dalam bahasa inggris, menyanyi dalam bahasa inggris bahkan bergumam dan berbicara dalam hati juga menggunakan bahasa inggris.

Jangan Lewatkan: Materi Bahasa Indonesia, Pengertian Surat Pribadi dan Contohnya

Semakin sering kamu mengadakan english day, maka kemampuan speaking kalian akan meningkat dengan pesat. Secara otomatis kosakata yang kita miliki juga akan makin bertambah.

5. Membaca Buku Bahasa Inggris

Suka membaca? Jika ingin fasih berbahasa inggris ada baiknya kalian mengganti bacaan menggunakan yang berbahasa inggris. Pertama-tama bisa menggunakan buku cerita anak yang bahasanya sederhana kemudian tingkatkan kemampuan menjadi membaca majalah atau novel. Melalui banyak membaca kalian akan banyak belajar susunan kalimat formal serta kosakata yang resmi dan jarang digunakan. Makin banyak membaca tentu saja kosakata yang kalian ketahui akan makin banyak.

6. Menonton Film Tanpa Subtitle

Masih suka menonton film barat dengan subtitle bahasa Indonesia? Ketika ingin menguasai dan fasih berbahasa inggris rubah kebiasaan kalian. Tontonlah film barat berbahasa Inggris tanpa subtittle. Kesuliatn? Pada awalnya tentu saja kesulitan. Untuk mengatasi kesulitan itu saat awal memulai kebiasaan ini kalian bisa menggunakan subtittle yang juga bahasa inggris.

Jangan merasa aneh, hal ini akan sangat membantu kalian dalam penyusunan kalimat percakapan, memahami pelafalan dan tentu saja memperkaya kosakata. Ketika sudah terbiasa kalian bisa mencoba menonton tanpa subtittle, jika mengalami kesulitan, pelajari gerak-gerak bahasa tubuh dari si aktor pemeran di film tersebut untuk memahami percakapannya.

Perbedaan membaca buku dan menonton film adalah susunan kalimat dan kosakata yang digunakan. Sering menonton film membuat kalian lebih santai saat melakukan percakapan. Jika hanya berlatih dengan menggunakan buku kalian akan terbiasa dengan kalimat formal yang terkadang kaku dan kurang pas saat digunakan berkomunikasi secara langsung.

7. Lakukan Berulang-ulang

Tips yang terakhir adalah lakukan berulang-ulang. Keenam cara gampang diatas tidak akan berguna jika hanya dilakukan sekali-sekali. Atau dilakukan dengan jeda yang panjang. Kuncinya adalah lakukan berulang-ulang sesering mungkin. Jika kalian sangat sering melakukannya tidak butuh waktu lama kalian akan sangat fasih dalam berbahasa inggris. Tidak hanya secara pasif namun juga secara aktif.